Jumat, 03 Juni 2011

Rangkuman Pertemuan Ke 3

  •  Pengertian Komputer 
Istilah komputer mempunyai arti yang sangat luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Istilah Komputer (Computer) diambil dari Bahasa Latin, yaitu Computare yang berarti menghitung (to compute).
  • Definisi Komputer 
Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu. Berikut ini terdapat beberapa definisi mengenai computer yang diambil dari beberapa buku komputer :
Menurut Buku Computer Annual (karangan Robert H. Blissmer)
Computer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas berikut: 
- Menerima input 
- Memproses input tersebut sesuai dengan programnya. 
- Menyimpan perintah-perintah dari hasil pengolahan.
- Menyediakan output (keluaran) dalam bentuk informasi.
  • Sistem Komputer
Sistem adalah jaringan dari pada elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari system tersebut. 
Tujuan pokok dari system komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi
Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu 
  1. Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika yang secara fisik kelihatan dan dapat dipegang/diraba.
  2. Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer atau bagian system komputer yang secara fisik kelihatan tetapi tidak dapat dipegang atau dapat dikatakan juga program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware (Perangkat Pintar/SDM (Sumber Daya Manusia)), manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur system komputer.
  • Perangkat Keras Komputer (Hardware)
 Gambar Perangkat Keras Komputer



    Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama, yaitu
    1.       Processor, merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program atau bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas tiga bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit), Control Unit dan Register.
    § ALU (Arithmetic Logic Unit) mempunyai tugas utama, yaitu melakukan semua perhitungan arithmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Tugas yang lainnya dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator relasional, yaitu: =, <>, <, <=, >, >=.
    § CU (Control Unit), mempunayai tugas mengendalikan dan mengatur semua peralatan yang ada pada system komputer.
    § Register berfungsi sebagai memori sangat cepat yang biasanya sebagai tempat operan-operan dari operasi yang akan dilakukan atau untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh Prosessor (CPU).

    Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Contoh : jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 106 Hz), = 0,286 x 10-8 detik.

    2.       Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu
    a.        Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM.
    Karakteristik dari memori primer adalah
    § Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
    § kecepatan tinggi
    § akses random (acak)
    § segi penyimpanan data non permanen

    b.       Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah:
    § non volatil atau persisten
    § kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
    § akses random atau sekuensial
    § segi penyimpanan data permanent dengan cara-cara tertentu

    Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape.


    3.       Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:
    a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan :
    -    keyboard
    -    mouse
    -    touch screen
    -    scanner
    -    camera
    -    modem
    -    network card
    -    dll

    b. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti masukan :
    -    Monitor
    -    Printer
    -    Speaker
    -    Plotter
    -    Modem
    -    network card
    -    dll

    • Perangkat Lunak
    Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
    1.       Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.

    2.       Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll.

    3.       Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.

    4.       Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
    § pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll
    § pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
    § presentasi : MS PowerPoint, dll
    § desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll

    5.      Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.

    • Perangkat Pintar (SDM = Sumber Daya Manusia)
    Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem komputer. Beberapa peran di antaranya adalah:
      1. Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.
      2. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis ke dalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer.
      3. Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan.
      4. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran komputer.
      5. dll.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar